Konsep Pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
1 Belajar dan Pembelajaran
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya
interaksi antar individu dengan lingkunganya. Tingkah laku tersebut mencakup
aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. (Husdarta, 2000:2)
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru sedemikian rupa
sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik. (Max Darsono,2000
: 24)
2 Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran merupakan proses dari pembelajaran itu
sendiri, karena sebelum pelaksanaan pembelajaran terlebuh dahulu kita 20
20
rencanakan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung.
Secara umum proses pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan atau
proses dan evaluasi. Dalam perencanaan pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) terlebih dahulu dilakukan pengembangan program Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mencakup pengembangan program tahunan,
program semester, program modul (pokok bahasan), program mingguan, program
harian, program pengayaan atau remidial serta program bimbingan dan konseling
(E Mulyasa, 2006:249).
3 Pelaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian
rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik. Dalam
pembelajaran tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan
agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik. Umumnya
pelaksanaan belajar mencakup tiga hal yaitu pretest, proses dan postest (E
Mulyasa, 2006:255).
4 Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar dalam implementasi KTSP dilakukan dengan
penilaian kelas, tes kemampuan dasar, penilaian akhir satuan pendidikan,
sertifikasi, benchmarking (standar untuk mengukur kinerja yang sedang berjalan,
proses dan hasil untuk mencapai suatu keunggulan yang memuaskan) dan
penilaian program (E. Mulyasa, 2006:258).
Selasa, 02 Juni 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar