Selasa, 02 Juni 2009

Standar pembelajaran penjasorkes

Standar Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan



1 Standar Kompetensi Lintas Kurikulum
Standar kompetensi lintas kurikulum merupakan kecakapan untuk hidup
dan belajar sepanjang hayat yang dilakukan dan harus dicapai oleh peserta didik
melalui pengalaman belajar. Standar kompetensi lintas kurikulum meliputi:
(1) Memiliki keyakinan, menyadari serta menjalankan hak dan kewajiban, saling
menghargai dan memberi rasa aman sesuai dengan agama yang dianutnya.
(2) Menggunakan bahasa untuk memahami, mengembangkan komunikasi dan
berinteraksi dengan orang lain.
(3) Memilih, memadukan dan merancang konsep-konsep, teknik, pola, struktur
dan hubungan.
(4) Memilih, mencari, dan merapkan teknologi informasi yang diperlukan sebagai
sumber.
(5) Memahami dan menghargai lingkungan fisik, makhluk hidup, teknologi dan
penggunaan pengetahuan, keterampilan, nilai untuk mengambil keputusan
yang tepat.
(6) Berpartisipasi, berinteraksi dan berkontribusi aktif dalam masyarakat dalam
kontek budaya, geografis dan historis.
(7) Berkreasi dan menghargai karya artistik, budaya dan intelektual serta
menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju
masyarakat beradab.
(8) Berfikir logis, kritis dan lateral dengan memperhitungkan potensi dan peluang
untuk menghadapi berbagai kemungkinan.
(9) Mununjukan motivasi dalam belajar, percaya diri, bekerja mandiri dan
bekerjasama dengan orang lain.

Standar Kompetensi Bahan Kajian Pendidikan Jasmani Olahraga

dan Kesehatan :

a. Permainan dan olahraga

(1) Siswa mampu melakukan berbagai macam bentuk aktivitas permainan
dan berbagai cabang olahraga.
(2) Siswa memiliki konsep dan keterampilan berfikir dalam berbagai
permainan olahraga.
(3) Siswa memiliki apresiasi terhadap perilaku bermain dan berolahraga
yang termanifestasikan kedalam nilai-nilai seperti kerja sama,
menghargai teman, jujur dan adil.

b. Aktifitas pengembangan

(1) Siswa mampu melakukan berbagai aktifitas untuk membentuk postur
dan kondisi tubuh yang baik.
(2) Siswa memiliki konsep keterampilan berfikir dalam aktifitas
pengembangan terhadap kebugaran tubuh dan kondisi yang baik.
(3) Siswa merasakan manfaat dari pola hidup terhadap kesehatan dan
kondisi tubuh.

c. Uji diri atau senam

(1) Siswa mampu melakukan berbagai gerak ketangkasan.
(2) Siswa memiliki konsep keterampilan berfikir dalam berbagai gerak
ketangkasan.
(3) Siswa memiliki nilai seperti kedisiplinan, keberanian, rasa percaya
diri, keselamatn diri dan orang lain.

d. Aktivitas ritmik

(1) Siswa mampu melakukan gerakan tubuh sesuai irama.
(2) Siswa memiliki konsep berfikir dalam aktivitas ritmik.
(3) Siswa memiliki kepekaan keharmonisan dan kehalusan gerak.

e. Akuatik (air)

(1) Siswa mampu melakukan berbagai macam bentuk permainan dalam
air.
(2) Siswa memiliki kosep dan kemampuan berfikir tentang berbagai
aktifitas air. 27
27
(3) Siswa memiliki apresiasi terhadap keselamatan, kepedulian dan
kehalusan gerak.

f. Pendidikan luar kelas

(1) Siswa beradaptasi dengan lingkungan dan alam sekitar.
(2) Siswa mengetahui pentingnya keterampilan hudup, pengalaman
hidup dilingkungan alam sekitar.
(3) Siswa memiliki apresiasi terhadap lingkungan dan alam sekitar.

g. Pendidikan kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar